Menikmati menginap di hotel “Takashimaya”

Jika membaca judul di atas, kemungkinan yang terbayang adalah nama sebuah Mal di Orchad Road, Singapura. Awalnya, saya mempunyai pemikiran bahwa manajemen Mal yang di Singapura dan hotel Takashimaya ini mempunyai hubungan, ternyata tidak ada hubungan sama sekali. Manajemen Hotel Takashimaya mempunyai hubungan dengan “Jasmine Cafe” yang juga berada di wilayah Lembang.

Hotel Takashimaya merupakan hotel kategori bintang 3 (tiga), yang baru dibuka pada bulan September 2008, sampai saat inipun pembangunan tambahan fasilitas hotel masih tetap berlangsung, seperti ruang karaoke untuk keluarga, area bermain anak dll.

takashimaya-2

Pengenalanku atas hotel ini, karena saya diundang sebagai salah satu pembicara workshop yang diadakan di hotel tersebut.

Letak hotel ini di jalan Grand Hotel Lembang no.35, Lembang, Bandung.

Pintu masuk hotel Takashimaya
Pintu masuk hotel Takashimaya

Karena masih baru, fasilitas kamar bersih, demikian juga makanan yang dihidangkan cocok buat selera saya.

Koki sedang menyiapkan omelet
Koki sedang menyiapkan omelet

Sebagaimana umumnya sebuah hotel, maka hotel ini juga membidik pangsa pasar tertentu. Manajemen hotel perlu meningkatkan occupancy rate melalui kerjasama dengan berbagai lembaga pelatihan, karena pada hari biasa hotel akan cenderung sepi dan hanya ramai pada saat week end. Sebagai tempat pelatihan, fasilitas hotel ini cukup mendukung, serta jaraknya cukup dekat dengan berbagai tempat wisata seperti Tangkuban Prau, pemandian air panas Ciater, pemandian Maribaya, observatorium Bosscha, dan lain-lain.

Ruang makan
Ruang makan

Yang menarik buat saya adalah letak ruang makan yang dibuat terbuka, berada diantara kamar-kamar di kiri kanannya, dan hanya ditutup dengan “fiber glass” sehingga jika siang hari terasa berada di alam terbuka. Untuk paket pelatihan, hotel ini berkerja sama dengan “Cipaganti Group” untuk menyediakan jasa transportasi penjemputan dari bandara, stasiun, mengkonfirmasi tiket para peserta. Cipaganti juga menyediakan kendaraan, jika peserta ingin berjalan-jalan selepas acara workshop atau pelatihan yang padat di malam hari.

Hotel juga menyediakan acara “barbeque” plus karaoke di arena terbuka di ruang makan, yang bisa digunakan sebagai ajang bersantai sehingga para pesera pelatihan dapat akrab. Pada saat ketemu dengan General Manager hotel Takashimaya, saya surprise, ternyata saya sebelumnya pernah ketemu saat beliau masih menjabat sebagai GM di salah satu hotel yang terletak di jalan Jendral Sudirman, Bandung.

Resepsionis
Resepsionis

Pada saat ini, hotel Takashimaya memberikan diskon 30 persen, dan apabila pemegang kartu kredit Mandiri bisa mendapatkan diskon 40 persen. Bagi anda yang ingin menginap di Lembang, atau berjalan-jalan di Bandung, bisa mencoba menggunakan hotel ini sebagai salah satu alternatif.

51 pemikiran pada “Menikmati menginap di hotel “Takashimaya”

  1. Boleh dicoba tuh bu..
    Informasinya lengkap, tapi tariff nya belum ada..
    *hanya mau tahu sih*.. hehehe

    Puak,
    Sebagaimana hotel umumnya, rate berbeda apakah week day atau week end, juga berbeda apakah kita ambil paket (peserta banyak) atau tidak. Dan rate tsb berubah-ubah, sesuai tingkat persaingan, tidak etis jika ditulis disini, walau saya tahu. Kalau berminat, nanti japri aja, saya punya nomor telepon hotelnya.

  2. Duuh senangnya business with pleasure …. πŸ˜€

    Toni,
    Hehehe…kemarin ijin sama GM nya kalau mau ditulis di blog, padahal diskusi dengan GM nya lebih asyik…tapi rasanya tak enak di tulis disini, tapi kalau untuk bahan studi kasus di pelatihan sih sangat menarik.

    Dan memang saat ini kan edutainment….education and entertainment...peserta workshop dapat tambahan ilmu, ketemu jejaring sesama peserta workshop yang punya minat di bidang sama, juga ada acara pergi ke tempat wisata seperti melihat pertanian (kebuh strawberry dsb nya), termasuk ke FO (tapi selain belanja, juga melihat bagaimana FO mendorong perekonomian di kota Bandung).

  3. wah baru tahu ada hotel bagus di Lembang, meski tinggal di Bandung saya pernah beberapa kali menginap di salah satu hotel Lembang ada acara sekalian bawa keluarga …

    Oemar Bakrie,
    Karena pekerjaan, saya beberapa kali menginap di hotel di Bandung, dan baru nginap di rumah selesai pelatihan, hal ini agar lebih konsentrasi, apalagi malam hari masih ada sesi diskusi. Tapi pelatihan atau kerja yang menggunakan tempat di hotel di kota Bandung, semakin riskan dengan adanya FO yang bertebaran, karena pikiran peserta sudah ingin belanja saja. Dulu, ada langganan hotel bagus, tapi jauh dari keramaian, sehingga peserta lebih konsentrasi, dulunya bernama hotel Malya, di daerah Ciumbuleuit…..untuk keluar udah malas, karena macet di jalan Ciumbuleuit nya.

    Tapi kadang, pelatihan/workshop atau apapun namanya, juga diadakan di Savoy Homann, Preanger, Panghegar, Holliday Inn dan Horison…kalau kebetulan tidur disini, si bungsu bisa mengajak temannya (sahabatnya) untuk ikut tidur di hotel, dan besoknya pergi kuliah langsung dari hotel.

    Setelah pensiun, saya gabung dengan lembagai pelatihan sebagai instruktur, dan kemarin di Lembang sebagai salah satu pembicara workshop, Lembaga tsb tahu tentang hotel dimaksud malah dari Cipaganti Group, karena selama ini Lembaga tsb sering menggunakan Cipaganti untuk antar jemput tamu-tamunya.

  4. Nah asyik kalau ibu buat deskripsi tempat seperti ini. Saya juga jadi ingin menulis begini jadinya bu hehehe.
    Bagaimana kabarnya bu?

    EM

    Ikkyu_san,
    Wahh pasti menarik Imel… tulisan tentang lokasi wisata di daerah Tokyo dan sekitarnya, siapa tahu ada yang dikirim seminar kesana dan waktu terbatas, dan juga hotel mana yang sebaiknya kita tinggal…karena biasanya uang saku terbatas, kalaupun cukup kan ingin juga beli oleh-oleh di kampung.
    Saya pernah menulis tentang London dan Paris disini, waltu saya kesana sudah tahun 2005…kalau ada yang up date kan menarik.

  5. Lama juga tidak meninggalkan jejak di blognya bunda.
    Aq kira hotel takayashiyama itu ada di jepang, eh ga taunya bukan takashiyama tapi takashimaya (hehehe :D) yang ada di lembang..

    Lama juga aq ga ke Lembang.. Wah pengen jalan2 lagi dibuatnya.

    Pa kabar bunda???

    Pencari Kebenaran,
    Hehehe…saya juga teripu, saya kira manajemennya satu dengan manajemen Mal yang di Orchad Road, Singapura.

  6. Bunda Enny,

    Aku paling suka areal ruang makannya. Bukan cuman karena aku suka makan, ya, tapi karena tempatnya unik sekali, dengan nuansa outdoor dan hanya tertutup oleh fiber glass aja.. Keren banget, deh, kayaknya…

    Sama seperti Mbak Puak, jadi pingin tahu rate-nya… Walaupun nggak kesana juga sih… hehehe….

    Lala,
    Saya juga suka areal ruang makannya…apalagi di sebelah dalam, malam hari bisa dibuat karaoke dan life musik, jika menginap rame-rame bisa asyik, bergoyang sama-sama.
    Jadi, kapan ke Bandung….biar DM yang jadi EO nya…

    Tentang rate, udah saya jawab di tanggapan untuk Puak.

  7. Memang menyenangkan menginap di hotel yang masih baru, ya Bu. Masih bersih, masih lengkap, fasilitasnya masih terjaga. Dan lagi biasanya hotel yang masih baru pelayanannya berlebih-lebih deh.
    Keliatannya musti dicoba niy Bu hotel yang ibu rekomendasikan……

    Prameswari,
    Boleh dicoba tuh, untuk lokasi seminar para dokter gigi se Indonesia, sesekali diadakan di Lembang…mau ke Bandung juga dekat, tapi paling tidak peserta seminar serius, karena tak terlalu dekat dengan FO.

  8. Apa kabar Bun,
    Saya koq tertarik dengan ruang maknnya ya…kalau di ganti sama jenis palm yang lain lebih keren keknya bun……jadi waktu buka puasa …tinggal metik……

    Melihat Foto Resepsionis nya saya koq sepertinya kenal ya…..

    Pakde,
    Kabar baik…maaf nih belum sempat BW …maklum lagi agak penuh…..
    Jangan-jangan resepsionis tetangganya pakde

  9. Ini Takashimaya yang nggak ada department store-nya..hihihi…

    Sepertinya tempatnya menarik,
    workshop disana pasti menyenangkan dan tidak membosankan ya Bu?

    Tanti,
    Hehehe…tanpa Mal…sebelumnya udah tanya DM lokasinya dimana? Mungkin yang bosen pesertanya Tanti…hihihi…lha aku kan pembicaranya, jadi berusaha agar peserta tak ngantuk atau bosan mendengar suaraku yang cempreng ini, selama 1,5 hari (9 sesi)..

  10. melihat namanya jadi terkecoh, saya kira di Jepang, kemudian digiring ke Singapura, nyatanya bukan juga, malah di Bandung. Semoga semakin menambah semarak kota Bandung.

    Sunarnosahlan,
    Yang ini tanpa mal…..jadi tak menguras kantong….

  11. Nah-nah-nah, akhirnya bisa menikmati udara Lembang yang bergerimis kan, Bu… He-he-he.

    Nggak susah cari alamatnya tho?

    Kemarin-kemarin sedang repot, Bu. Maaf ya…

    Daniel Mahendra,
    Malam pertama (saya datang jam 11 malam), tak begitu dingin, begitu juga besoknya…lha terus turun hujan…waduhh dinginnya, saya mesti pake baju berlapis-lapis, karena sweaterku ternyata belum kuat menahan hawa dingin. Saat ada acara karaoke di ruang terbuka (ruang makan kan terbuka), hanya kuat sampai jam 21.30 wib, lha kalau diteruskan besoknya bisa nggak keluar suara, lha workshopnya bisa bubar. Padahal teman-teman peserta workshop nyanyi-nyanyi sampai malam.

    Kapan sih DM tak repot…tapi itu harus disyukuri, karena banyak orang kehilangan pekerjaan, tapi kita masih bisa punya kesibukan yang menghasilkan, walau sekedarnya saja.

  12. Waktu baru baca judulnya, emang dalam pikiran saya bunda sedang tugas ke Singapura .. eala, setelah baca dan liat poto-nya .. ternyata di daerah Lembang ada Takashimaya juga toh πŸ™‚ .. ma kasih info-nya bunda .. ntar kalo saya ‘tersesat’ sampe ke Lembang, saya dipandu ya bunda untuk menuju ke Takashimaya biar nanti sama pihak hotelnya saya di Kasihmurah hwakakak πŸ™‚

    Erander,
    Hehehe…kalau dari bandara Sukarno Hatta dan naik Cipaganti dijamin tak tersesat, karena Cipaganti ada kerjasama dengan hotel ini

  13. Takashimaya … Lembang …

    Catet …!!!

    Makasih ya BU

    NH18,
    Catet…dan dicoba…pasti menyenangkan, karena bisa bersaing harganya, apalagi jika sistem paket. Dan buat peserta pelatihan, bisa ditambah outbound, atau wisata diantara masa pelatihan tsb. Dari wisata ke pegunungan, kebun, wisata kuliner maupun wisata belanja. Mau karaoke pun bisa, juga ada life music nya.

  14. mang kumlod

    Mamanya jepang sangat…
    Takashimaya… mudah diingat… gausah dicatet kaya si Om.

    Jadi, dikasih “maya” ngga bu? πŸ˜†

    Mang Kumlod,
    Pasti ingat karena cerita yang tiu dulu ya….hehehe

  15. thankz infonya.., ya siapa tau suatu saat aq kesana.

    Jiwakelana,
    Hmm ya, menyenangkan kok…dekat kemana-mana lagi…apalagi jika tak hujan, pagi2 bisa jalan sampai ke dekat pangkalan AU, juga ke Puncrut…disana ada pasar kaget.

  16. View hotelnya indah ya bunda..

    Bayu,
    Kalau untuk di hotelnya sih lumayan…tapi kalau pemandangan ke luar, karena sudah ditengah kota Lembang, kita baru bisa melihat sekeliling jika mendapat kamar di atas.

  17. Oh ini yang diceritakan sama Ibu. Wah harganya betul-betul bersaing. Harusnya namanya Takasimurah. πŸ˜€

    Yoga,
    Siapa tahu kantor Yoga mau outbound di daerah Lembang, kan bisa menginap disitu….
    Ahh kok jadi kayak saya yang punya hotel ya? πŸ˜›

  18. Setelah tulisan ini, jumlah pengunjung di hotel tersebut melonjak atau tidak bu?

    Barry,
    Wahh nanti perlu ditanyakan sama pak Setiawan, General Managernya….
    Orang Indonesia suka mencoba, jika pelayanan bisa tetap bagus, tentunya orang mau datang lagi…

  19. Baru tahu saya kalau ada hotel Takashimaya di lembang…
    Tulisannya lengkap sekali,,,pihak hotel mesti terimakasih pada bu Ratna….apalagi nanti teman teman pada nginap disana….

    Dyahsuminar,
    Kebetulan, setelah mengobrol lama, saya kok merasa wajahnya familier…ternyata GM nya dulu klien di perusahaan tempat saya bekerja.

  20. liswari

    wah Ibu, kalau di Amerika.. Ibu ngasih review bagus tentang hotel seperti ini bisa dikasih reward sama management nya.. :-p

    Lis,
    Wahh iya ya…..saya nulis karena memang hotelnya baru, masih diskon, dan bagus. Ingat hotel tempat kita menginap di Bukittinggi dulu? Kalau itu mah nggak akan ditulis disini hehehe…

  21. Sama dengan pendapata Jeung Lala dan Pak De, saya juga tertarik dengan ruang makannya. Serasa makan diruang terbuka. Dan biasanya kalau dulu masih kecil makan diruangan terbuka makannya jadi lahap.. πŸ™‚ Thanks

    Yulism,
    Lebih indah lagi jika malam hari, situasinya nyaman, dengan angin yang sepoi-sepoi….

  22. Upik

    Bunda enak ya.. bisa travelling sekaligus bekerja.. πŸ˜€
    Tapi alhamdulillah, aku juga serasa ikut disana dengan membaca postingan ini…
    Sukses ya Bun.. Salam hangat selalu πŸ™‚

    Upik,
    Syukurlah bisa sharing cerita….

  23. tridjoko

    Saya Senin s/d Rabu nanti ada raker kantor saya di Bandung. Sayangnya info ini terlambat, kalau nggak daripada nginep di hotel Jalan Sukajadi mendingan nginep di sini ya ?
    Yang jelas masih lebih murah soalnya kan baru “soft opening”…

    Tridjoko,
    Menurutku sih, untuk raker, agar lebih serius, enakan nginep di Lembang…kalau nggak pikirannya pengin jalan-jalan ke FO…
    Dan pasti lebih murah…tadi saya udah sms no teleponnya, bisa digunakan lain waktu, walau nggak program diskon, jika banyakan, kata GM harganya bisa dibicarakan.

  24. hotel baru ya bu? bulan depan rencana mau liburan salah satunya bandung jadi agenda..kalo murah sih..

    Boyin
    ,
    Hotel baru, dibuka sejak bulan puasa tahun 2008. Dan akan menyenangkan, karena Boyin bisa menilai hotel ini, dan dibandingkan dengan beragam hotel lain yang pernah dikunjungi. Dan pasti GM nya senang jika diajak bertukar pikiran.

  25. Saya ada rencana ke Bogor minggu depan. Kalau dari Bogor ke Lembang berapa jam ya kira-kira dengan mobil?
    Terimakasih info hotelnya, Mbak Enny

    Mbak Tuti Nonka,
    Bogor-Cianjur = 1 jam
    Cianjur-Bandung = 1 jam
    Bandung-Lembang = 0,5 jam….tapi semua tergantung macert apa tidak…

  26. Bu Enny foto2nya makin sip aja! mungkin nama Takashimaya dicontek karena sudah cukup dikenal di kalangan Ibu2 yg suka belanja ke Singapura ya πŸ™‚ Sering2 ya Bu nulis review seperti ini…jadi ada masukan kalau mau jalan2.

    Elyani,
    Lha masih ngeblur gitu lho….
    Ada nggak sih, kamera yang kalau buat motret pasti jadinya bagus….hehehe….dan kameranya cukup kecil (kalau besar males bawa), dan murah……

  27. tukangrumpi

    bu tarifnya gimana??? mencekik gakkk?? pengen juga sekali-sekali ke sana deee…….. kapan yahhh…… (ntar kburu abis neeehhh diskonnya……hehehe)

    Tukangrumpi,
    Menurutku wajar, sama dengan menginap saya semalam di Guest house kantor, jika bukan acara dinas. Dan jika paket (banyakan), hasilnya lebih murah lagi.

  28. apa kabar bunda Enny..

    wew jalan-jalan terus yah..

    artikelnya mantep nih πŸ™‚

    Septarius,
    Ini bukan jalan-jalan…tapi dalam rangka kerja dan tidurnya disitu…jadi ya sekalian aja buat tulisan, siapa tahu ada yang bingung cari hotel jika mau tidur di Lembang.

  29. wah asyik juga rupanya .. nanti kalau ke singapure lagi tak coba buat ah .. selama di spore kemarin nginepnya di charlton ritz

    Hilal Achmad,
    Dulu sebelum ngeblog, saya hanya menulis untuk catatan sendiri, sekarang bisa di share buat teman.

  30. Informasi cukup lengkap, minus rate. Kapan, ya…..*ngarep nginep disana*

    Alris,
    Rate kan berubah-ubah, jadi ya nggak pas kalau ditulis disini, lagi pula harganya tergantung ikut paket apa tidak. Juga pakai kartu kredit apa tunai dsb nya…kalau pake kartu kredit Mandiri, diskonnya sampai 40 persen.

  31. iya itu ruang makannya asyeek banget..

    disela2 pohon palm getooo..

    ,\ntar kalo ke bandung mending kesana aja kali…

    Elly,
    Sebetulnya tergantung tujuan kita…karena jarak Lembang-Bandung yang dekat, juga bisa ditempuh dalam waktu lama jika macet, terutama saat libur akhir pekan dan hari libur lain.

  32. Wah, hotel baru pasti menyenangkan.
    Saya pernah menginap di Febris Hotel, Kuta Bali dalam kondisi yang masih 60 persen jadi.
    Wah betul-betul menyenangkan karena masih baru, furniture yang masih mengkilap, fasilitas masih bersih meski debu hasil pembangunan kamar yang belum jadi juga jadi menghiasi beranda kamar, Bu.

    Boleh dicoba kapan-kapan nih!

    DV,
    Iya…buat bulan madu kedua, sekaligus nengok temanmu yang satu itu..

  33. ih, cakep deh hotelnya. dan saya suka banget sama alfresco yang ada di inner court itu, bu. pasti makan serasa di ruangan terbuka.

    emang diskonnya sampe kapan, bu? huehehe… (kayak yang mau ke lembang aja).

    eh, bu enny pantas diberi royalti loh oleh pihak hotel atas tulisannya ini.

    pagi, bu enny…

    Marsmallow,
    Diskonnya masih lama kok…kalau saya tahu nomor hapemu, ntar tak kirimi nomor hape GM nya.
    Siapa tahu jalan-jalan ke Bandung dan merasa hawa Bandung masih kurang dingin.

  34. tina

    salam kenal bu Enny,
    sy ada rencana buat acara kantor di Lembang, boleh minta no hp GM ato Marketing nya.

    Makasih

    Salam kenal juga…no telpon japri aja ya

  35. terima kasih kepada pihak hotel Takashimaya yang telah memberikan pelayanan pada kami ketika melaksanakan bimtek restra dari depag, tempatnya nyaman, makanan enak, pelayanan baik, semoga lebih berkembang dan terkenal lagi ! kami ingin ngajak temen dan keluarga, diskon nya nyampai kapan tuh ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s